PENGARUH PERAWATAN DENGAN REBUSAN DAUN SIRIH MERAH TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA GANGREN PASIEN DIABETES MELITUS

THE EFFECT OF TREATMENT WITH RED BELT LEAVES ON THE HEALING OF GANGREEN WEARS IN DIABETES MELLITUS PATIENTS

  • Susilo Rudatin Universitas Harapan Bangsa
  • Noor Yunida Triana Universitas Harapan Bangsa
  • Made Suandika Universitas Harapan Bangsa
Keywords: luka Gangren, daun sirih, penyembuhan luka

Abstract

Latar Belakang: Luka gangren semakin meningkat didunia. Perawatan luka gangren harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan menjamin peralatan serta perlengkapan yang digunakan steril. Ulkus atau gangren diabetik memberi dampak luar biasa kepada penderitanya

Tujuan: penelitian ini mengetahui pengaruh perawatan dengan rebusan daun sirih merah terhadap penyembuhan luka gangren pasien diabetes melitus dan juga mengidentifikasi karakteristik responden seperti usia, jenis kelamin dan kadar glukosa darah sewaktu.

methode: Pra eksperimental dengan pre and post test design telah digunakan dan analisis uji t independen mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah terapi pemberian rebusan daun sirih merah pada luka gangren dengan nilai Skala Bates Jensen Wound Assesment Tool (BWAT) untuk evaluasinya.

Results: Usia rata-rata pada kelompok perlakuan sebesar 58,48 tahun. Jenis kelamin yang paling dominan adalah perempuan (69,6%). Sedangkan tipe DM yang paling dominan adalah yang memiliki gula darah dalam kategori tinggi (82,6%). dari analisis menunjukkan terdapat pengaruh perawatan luka dengan menggunakan rebusan daun sirih dengan proses penyembuhan luka dengan p value 0,000(p kurang dari 0,05)

Kesimpulan: Hasil penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa pemberian rebusan daun sirih lebih mempercepat proses penyembuhan luka sehingga proses penyembuhan luka pada pasien dapat membaik dan diharapkan dapat menghindari faktor pemicu terjadinya komplikasi luka ulkus diabetikum.

Published
2022-08-16
How to Cite
Rudatin, S., Triana, N., & Suandika, M. (2022). PENGARUH PERAWATAN DENGAN REBUSAN DAUN SIRIH MERAH TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA GANGREN PASIEN DIABETES MELITUS. Borneo Nursing Journal (BNJ), 4(1), 58-65. https://doi.org/10.61878/bnj.v4i1.56
Section
Articles