GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STUNTING PADA BALITA DI DESA KEDAWUNG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA

DESCRIPTION OF MOTHER'S LEVEL OF KNOWLEDGE ABOUT STUNTING IN TOddlers IN KEDAWUNG VILLAGE, SUSUKAN DISTRICT, BANJARNEGARA REGENCY

  • Tri Herlina Sari Rahayu UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA
  • Roro Lintang Suryani Universitas Harapan Bangsa
  • Tin Utami Universitas Harapan Bangsa
Keywords: Tingkat Pengetahuan, Ibu balita, Stunting

Abstract

Pendahuluan : Balita yaitu periode keemasaan (golden age) merupakan masa-masa penting dalam proses tumbuh kembang manusia. Stunting adalah masalah gizi/kronis pada balita yang ditandai dengan tinggi badan lebih pendek dibandingkan dengan anak seusiannya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kejadian stunting salah satunya yaitu pengetahuan ibu tentang stunting karena kurangnya pengetahuan tentang stunting bagi seorang ibu menyebabkan anak berisiko mengalami stunting.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang stunting di Desa Kedawung Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.
Metodologi : Penelitian ini merupakani kuantitatif dengan metode deskriptif. Responden dalam penelitian inii yaitu ibu yang mempunyai balita di Posyandu di Desa Kedawung dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional/Random Sampling sebanyak 75 responden. Analisis data menggunakan uji univariat.
Hasil : Hasil Penelitian didapatkan umur responden sebagian berada pada kategori 26-35 tahun (76%). Sumber informasi yang paling dominan adalah media elektronik (66,7%). Tingkat pengetahuan yang paling dominan berada pada tingkat pengetahuan sedang (46,7%).
Saran : Diharapkan perawat dapat meningkatkan pengetahuan ibu dengan kegiatan/promosi dan edukasi tentang perawatan dan penanganan stunting pada balita.

Published
2022-01-05
How to Cite
Rahayu, T., Suryani, R., & Utami, T. (2022). GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STUNTING PADA BALITA DI DESA KEDAWUNG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Borneo Nursing Journal (BNJ), 4(1), 10-17. https://doi.org/10.61878/bnj.v4i1.44
Section
Articles