PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG TOILET TRAINING PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK PRA SEKOLAH DI PAUD BINA SEJAHTERA DAN TK PERTIWI 1 CILANGKAP
THE EFFECT OF HEALTH EDUCATION WITH AUDIO VISUAL METHODS ON KNOWLEDGE OF TOILET TRAINING IN MOTHERS WHO HAVE PRE-SCHOOL CHILDREN IN PAUD BINA SEJAHTERA AND TK PERTIWI 1 CILANGKAP
DOI:
https://doi.org/10.61878/bnj.v4i1.42Keywords:
Pengetahuan, Audio Visual, toilet trainingAbstract
Pendahuluan: Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) nasional menyatakan jumlah anak pra sekolah beberapa masih sulit mengontrol BAB dan BAK mencapai 75 juta anak. Toilet training yaitu upaya yang dilakukan untuk melatih kemandirian anak mengontrol buang air besar dan buang air kecil. Orang tua sangat berperan penting dalam keberhasilan toilet training pada anak. Audio visual digunakan sebagai sumber informasi yang lebih mudah diterima sasaran.
Metode: Jenis penelitian menggunakan quasy-eksperimental dengan desain two group pretest-posttest with control group design. Teknik sampling simple random sampling, Jumlah sample 42 orang, besar sampel dihitung menggunakan rumus besar sampel analitik kategorik berpasangan, jumlah kelompok eksperimen 21
orang dan kelompok kontrol 21 orang. Alat ukur menggunakan kuesioner. Analisisbivariate Paired sampel t-test dan independent sampel t-test.
Hasil: Terjadi perbedaan pengetahuani toilet training setelahi diberikan perlakuan pada hasil kelompok eksperimeni yaitu p value 0,000, pada kelompok kontrol didapatkan p value 0,954
Kesimpulan: Pendidikan kesehatan audio visual mempengaruhi pengetahuan toilet training kepada Ibu yang memiliki anak Pra sekolah di PAUDi Bina Sejahtera dan TK Pertiwi 1 Cilangkap. Peneliti merekomendasikan pendidikan kesehatan audio visual lebih ditingkatkan untuk pengetahuan toilet training.