PENGARUH TERAPI BERMAIN (LEGO) TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA 3-6 TAHUN SELAMA HOSPITALISASI DIRUANG FIRDAUS RSI BANJARNEGARA

THE EFFECT OF PLAY THERAPY (LEGO) ON ANXIETY LEVEL OF CHILDREN AGED 3-6 YEARS DURING HOSPITALIZATION IN FIRDAUS ROOM, RSI BANJARNEGARA

  • Umu Hani Universitas Harapan Bangsa
  • Siti Haniyah Universitas Harapan Bangsa
  • Etika Dewi Cahyaningrum Universitas Harapan Bangsa
Keywords: Bermain lego, kecemasan, hospitalisasi, anak usia 3-6 tahun

Abstract

Latar belakang : Anak adalah individu yang unik dan mempunyai kebutuhan sesuai dengan tahap perkembangan. Hospitalisasi anak adalah suatu proses yang memiliki alasan berencana atau darurat sehingga mengharuskan anak untuk tinggal di rumah sakit. Kecemasan yang dialami pada anak usia 3-6 tahun saat hospitalisasi dapat dilakukan dengan aktivitas bermain, karena hampir seluruh usia 3-6 tahun perlu melibatkan unsur permainan.

Tujuan : Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain lego terhadap tingkat kecemasan pada anak prasekolah selama hospitalisasi di Ruang Firdaus RSI Banjarnegara. Metode penelitian ini adalah Pre-eksperimental (eksperimen semu) dengan jenis “one group pretest-posttest”. Pretest diberikan sebelum diberi perlakuan (treatment) yang kemudian diukur dengan posttest setelah perlakuan (treatment). Sampel berjumlah 38 orang.

Hasil : karakteristik responden berdasarkan umur sebagian besar berusia 3 tahun yaitu sejumlah 12 orang (31,6%). Responden berjenis kelamin laki – laki yaitu sejumlah 20 orang (52,6%). Sebagian besar responden tidak pernah dirawat yaitu sejumlah 36 orang (94,7%). Serta sebagian responden dirawat tidak lebih dari 3 hari yaitu sejumlah 31 orang (81,6%). Tingkat kecemasan pada anak prasekolah selama hospitalisasi sebelum diberikan terapi bermain lego, dari 38 orang sebagian besar yaitu 25 anak (65,8%) mengalami cemas sedang, 8 anak (21,1%) Tingkat kecemasan pada anak prasekolah selama hospitalisasi setelah diberikan terapi bermain lego, dari 38 orang sebagian besar yaitu 36 orang (94,7%) mengalami cemas ringan.

Kesimpulan : Ada pengaruh terapi bermain lego terhadap tingkat kecemasan pada anak usia 3-6 tahun selama hospitalisasi di Ruang Firdaus RSI Banjarnegara.

Rekomendasi : Penelitian ini merekomendasikan dilakukannya upaya untuk mencegah dampak kecemasan hospitalisasi pada anak usia 3-6 tahun dengan terapi lego.

Published
2022-01-13
How to Cite
Hani, U., Haniyah, S., & Cahyaningrum, E. (2022). PENGARUH TERAPI BERMAIN (LEGO) TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA 3-6 TAHUN SELAMA HOSPITALISASI DIRUANG FIRDAUS RSI BANJARNEGARA. Borneo Nursing Journal (BNJ), 4(1), 25-30. https://doi.org/10.61878/bnj.v4i1.41
Section
Articles