GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM MERAWAT KLIEN DENGAN GANGGUAN JIWA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PALARAN

DUKUNGAN KELUARGA

  • Iskandar Iskandar Akademi Keperawatan Yarsi Samarinda
  • Juliana Saputri Akademi Keperawatan Yarsi Samarinda
  • Eko Rianto RSJD Atma Husada Mahakam Provinsi Kaltim
Keywords: Dukungan, Keluarga, Gangguan Jiwa

Abstract

 

Dukungan keluarga adalah sikap, tindakan dan penerimaan keluarga terhadap klien yang mengalami gangguan jiwa. Dukungan yang diberikan keluarga dapat meningkatkan kesembuhan atau kepatuhan klien dalam menjalani terapi di rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dukungan keluarga kepada klien dengan gangguan jiwa. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 30 responden. Alat ukur yang digunakan kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan keluarga dalam merawat klien menunjukkan kurang baik berjumlah 13 orang (43,3%) dan yang baik berjumlah 17 orang (56,7%). Berdasarkan penelitian ini disarankan agar puskesmas memberikan pendidikan kesehatan mengenai dukungan keluarga dalam merawat klien gangguan jiwa agar mampu meningkatkan status derajat kesehatan klien.

 

Published
2020-11-26
How to Cite
Iskandar, I., Saputri, J., & Rianto, E. (2020). GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM MERAWAT KLIEN DENGAN GANGGUAN JIWA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PALARAN. Borneo Nursing Journal (BNJ), 2(2), 52-56. Retrieved from https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/20
Section
Articles