PENGARUH SENAM YOGA TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI HAID PADA REMAJA MAHASISWI KEPERAWATAN STIKES HANG TUAH SURABAYA

  • Diyah Arini D3 Keperawatan, Stikes Hang Tuah Surabaya
  • Dini Indah Saputri Stikes Hang Tuah Surabaya
  • Dwi Supriyanti S1 Keperawatan, Stikes Hang Tuah Surabaya
  • Dwi Ernawati S1 Keperawatan, Stikes Hang Tuah Surabaya
Keywords: Nyeri Haid, Terapi Senam Yoga

Abstract

Menstruasi/haid merupakan proses pengeluaran darah dari uterus disertai serpihan selaput dinding uterus pada wanita. Dismenore adalah menstruasi/haid yang mengalami nyeri. Banyak cara digunakan untuk mengurangi dismenorea selain menggunakan obat dapat menggunakan terapi komplementer yaitu terapi senam yoga. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh terapi senam yoga terhadap penurunan nyeri haid.

Desain penelitian ini adalah Quasy Experiment. Sampel diambil menggunakan sampling jenuh didapatkan sebanyak 30 remaja mahasiswi keperawatan Prodi S1 tingkat 1 reguler di STIKES Hang Tuah Surabaya. Instrumen menggunakan observasi  untuk  mengetahui  tingkat  nyeri  haid  menggunakan  Skala  Intensitas Nyeri Numerik menurut Hayward (0-10) pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U Test dan Wilcoxon Sign dengan tingkat kemaknaan p ≤ 0,05.

Hasil penelitian dengan uji Mann-Whitney U Test didapatkan hasil p = 0,002 sedangkan uji Wilcoxon Sign di dapatkan hasil p = 0,001. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil pada kedua kelompok dan pemberian terapi senam yoga berpengaruh dalam penurunan nyeri haid.

Implikasi   dari   penelitian   ini   adalah   pemberian   terapi   senam   yoga   dapat mengurangi nyeri pada remaja mahasiswi yang mengalami dismenorea.

Published
2020-01-30
How to Cite
Arini, D., Saputri, D., Supriyanti, D., & Ernawati, D. (2020). PENGARUH SENAM YOGA TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI HAID PADA REMAJA MAHASISWI KEPERAWATAN STIKES HANG TUAH SURABAYA. Borneo Nursing Journal (BNJ), 2(1), 46-54. Retrieved from https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/16
Section
Articles