Pengaruh Simulasi Penanganan Keseleo Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Kharisma Intan Agipratiwi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Misbah Nurjannah Jln Juanda No 15 Samarinda
  • Thomas Ari Wibowo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.61878/bnj.v7i2.115

Keywords:

Keterampilan, Pengetahuan, Penanganan Keseleo

Abstract

Keseleo terjadi ketika otot dan tendon terlalu meregang atau robek. Frekuensi cedera ini meningkat antara tahun 2013 hingga 2018, dengan prevalensi naik dari 8,2% pada 2017 menjadi 9,2% pada 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simulasi penanganan keseleo terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa kelas IV di SD Negeri Samarinda. Desain yang digunakan adalah one group pre-posttest dengan 80 responden dari SDN 002 Palaran dan SDN 006 Samarinda Utara, menggunakan metode accidental sampling. Uji Wilcoxon digunakan dalam analisis data. Hasil menunjukkan nilai p = 0,000 (p < 0,05) untuk variabel pengetahuan dan keterampilan sebelum dan sesudah simulasi, dengan perbedaan median masing-masing 3 dan 2. Dapat disimpulkan bahwa simulasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menangani keseleo.

Published

2025-07-17

How to Cite

Kharisma Intan Agipratiwi, Nurjannah, M., & Thomas Ari Wibowo. (2025). Pengaruh Simulasi Penanganan Keseleo Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Pada Siswa Sekolah Dasar. Borneo Nursing Journal (BNJ), 7(2), 240–248. https://doi.org/10.61878/bnj.v7i2.115

Issue

Section

Articles