PARTITION AND ROAD EXPLORATION IN AGRONURSING-BASED DEVELOPMENT

Eksplorasi Sekat Dan Jalan DalamĀ  Pengembangan Eduwisata Berbasis Agronursing

  • Arista Maisyaroh Universitas Jember
  • Anggia Astuti Universitas Jember
  • Eko Prasetya Widianto Universitas Jember
  • Rizeki Dwi Fibriansari Universitas Jember
  • Muhammad Rizal Universitas Jember
Keywords: eduwisata, agronursing, badan usaha desa

Abstract

Saat ini terjadi pergeseran destinasi wisata, masyarakat tidak lagi berwisata untuk mendapatkan kesenangan saja tetapi lebih banyak berwisata untuk mendapatkan kesehatan, edukasi, dan bermanfaat secara fisik, psikologis, serta spiritual. Akan tetapi perpaduan wisata, budaya pedesaan, agrikultur dan kesehatan masih jarang terkaji, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sekat dan jalan dalam perkembangan eduwisata berbasis agronursing. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi interpretatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam menggunakan pertanyaan semistruktur yang melibatkan 10 orang petani di desa Burno. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan analisa tematik berdasarkan pendekatan Braun dan Clarke. Penelitian menghasilkan 5 tema yaitu melangkah sendiri, terkuncinya pasar, lemahnya akses program, pengorganisasian usaha desa, pemanfaatan potensi desa. Kesimpulan: Banyak dampak positif dari pengembangan eduwisata berbasis agronursing, baik dalam bidang ekonomi, kesehatan dan keberdayaan masyarakat. Namun hal ini perlu direncanakan secara hati-hati berkenaan dengan pelestarian lingkungan dan budaya lokal. Kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha sangat diperlukan untuk mengembangkan eduwisata berbasis agronursing yang berkelanjutan.

Published
2020-01-29
How to Cite
Maisyaroh, A., Astuti, A., Widianto, E., Fibriansari, R., & Rizal, M. (2020). PARTITION AND ROAD EXPLORATION IN AGRONURSING-BASED DEVELOPMENT. Borneo Nursing Journal (BNJ), 2(1), 12-24. Retrieved from https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/10
Section
Articles