HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAAN PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA KARTU BPJS DI RUMAH SAKIT DAERAH IDAMAN KOTA BANJARBARU

RELATIONSHIP BETWEEN HEALTH SERVICE QUALITY WITH OUTPATIENT PATIENT SATISFACTION BPJS CARD USERS IN DREAM REGIONAL HOSPITAL, BANJARBARU CITY

  • Adisurya Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cahaya Bangsa Banjarmasin
  • Nurlita Ariani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cahaya Bangsa
Keywords: Mutu Pelayanan Kesehatan, Rawat jalan, Kepuasan Pasien

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri pasien. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan mengakibatkan tuntutan terhadap peningkatan pelayanan kesehatan. Sedangkan isu-isu dan beberapa kasus yang beredar mengakibatkan persepsi masyarakat bahwa terdapat perbedaan pelayanan terhadap pasien peserta BPJS.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasaan pasien pengguna kartu BPJS di Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru.Jenis penelitian ini adalah survey eksplanatory dengan pendekatan cross sectional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Jumlah sampelnya adalah 90. Penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dimensi reliability (0,000 kurang dari 0,005), dimensi assurance (0,000 kurang dari 0,05), dimensi tangible (0,006 kurang dari 0,05), dimensi empathy (0,000 kurang dari 0,05), dimensi responsiveness (0,000 kurang dari 0,05) dengan kepuasan pasien. Penelitian ini adanya hubungan mutu pelayanan kesehatan (reliability, assurance, tangible, empathy, dan responsiveness) dengan kepuasan pasien rawat jalan Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru tahun 2018. Saran yang dapat diberikan yaitu mempertahankan mutu pelayanan rawat jalan Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru melakukan survei kepuasan pasien berkala dan berkesinambungan.

Published
2019-07-24
How to Cite
Saputra, A., & Ariani, N. (2019). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAAN PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA KARTU BPJS DI RUMAH SAKIT DAERAH IDAMAN KOTA BANJARBARU. Borneo Nursing Journal (BNJ), 1(1), 48-60. Retrieved from https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/1
Section
Articles